Yuk Seharian Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District!

Siapa sih yang gak tahu Singapura? Negara tetangga yang hits sebagai salah satu tujuan utama kalau liburan, apalagi dengan harga tiket yang lebih terjangkau akhir-akhir ini. Nah Singapura bisa banget dijadikan destinasi weekend gateaway kamu lho. Gak butuh waktu lama untuk menjelajahi beberapa area di Singapura. Salah satunya, colonial district yang bisa kamu jelajahi dalam waktu sehari dan dengan berjalan kaki. Seru banget kan? Yuk kita lihat kaya apa sih rute perjalanannya!

1. Isi perut dulu sambil berbaur dengan penduduk lokal

Wisata Unik Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District! killiney-kopitiam.com

Sebelum berangkat, kita sarapan dulu ala penduduk lokal. Biasanya pagi-pagi para penduduk lokal menikmati sarapan di Kopitiam sambil bercengkerama atau membaca koran. Kamu bisa memesan sarapan yang Singapura banget yaitu kaya toast, roti bakar dengan isi selai kelapa!

Jangan merasa aneh dulu, kaya toast disajikan dengan taburan gula dan margarin, lalu disandingkan dengan telur setengah matang, dan ditemani oleh secangkir kopi atau teh hangat. Nikmatnya! Sarapan ini biasanya ada di setiap kopitiam yang buka di pagi hari. Atau kamu bisa cobain kopitiam yang terkenal seperti Killiney atau Ya Kun Kaya.

2. Hirup udara segar di Fort Canning Park

Wisata Unik Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District! Honeykidsasia.com

Setelah sarapan, kamu bisa mulai berjalan tujuan awal kita, Fort Canning Park! Taman dengan nilai historis yang sangat tinggi dimana Sir Raffles pernah tinggal di taman ini. Selain rerumputan hijau, kamu dapat menikmati peninggalan sejarah yang ada disana seperti benteng, bunker, meriam, dan rumah Sir Raffles itu sendiri.

3. Datang ke National Museum sambil melihat pameran menarik

Wisata Unik Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District! nationalmuseum.sg

Dari Fort Canning Park kita lanjutkan perjalanan kita menuju National Museum of Singapore. Museum yang terletak di Stamford Road ini, merupakan museum nasional tertua di Singapura yang menyimpan banyak cerita historis tentang Singapura sendiri maupun dunia. Selain memiliki galeri sendiri, museum ini juga memiliki ekshibisi musiman yang berganti tema dalam kurun waktu tertentu. Untuk mengetahui ekshibisi apa yg sedang berjalan, kamu bisa mengunjungi web national museum.

Baca Juga: 8 Buffet Halal Terbaik di Singapura buat Kamu Pencinta Kuliner

4. Cari tahu tentang kekayaan budaya China di Singapura lewat Museum Peranakan

Wisata Unik Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District! Flickr.com/John

Setelah puas mempelajari sejarah Singapura, saatnya kamu belajar tentang budayanya. Penasaran gak sih kenapa etnis di Singapura mayoritas Chinese? Gimana sih pengaruh kebudayaan terhadap tatanan sosial disana? Kenapa sih kita bisa punya budaya yang berbeda dari Singapura padahal sama sama Asia dan letaknya berdekatan? Kamu bakal tahu jawabannya di Museum Peranakan! Museum ini museum yang paling atraktif diantara lainnya. Warnanya cerah dengan beberapa mural di depan, membuat siapa saja yang lewat di depannya pasti tertarik ingin masuk.

5. Makan siang di gedung megah National Gallery Singapore

Wisata Unik Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District! Visitsingapore.com

Puas berjalan jalan dan belajar sejarah di dua museum, saatnya kamu memanjakan mata di National Gallery of Singapore. Disini kamu bisa melihat karya seni dengan berbagai bentuk dan tema. Bangunannya sendiri merupakan kaya seni, dulunya gedung ini dipakai sebagai gedung mahkamah agung yang sangat megah dan luas. Setelah puas melihat-lihat, kamu bisa makan siang di rooftop restorannya. Kebayang kan nikmatnya makan setelah jalan jauh sambil menikmati Singapura dari ketinggian?

6. Istirahat sambil piknik santai di Padang

Wisata Unik Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District! scc.org.sg

Setelah makan, ada baiknya kamu istirahat sebentar. Setelah mengunjungi national gallery, kamu pasti tahu dong kalau di depan gedung national gallery itu ada Padang? Iya, padang rumput yang luas sekali. Dulunya, padang ini digunakan sebagai tempat berkumpulnya rakyat ketika ada orasi, perayaan, olahraga, maupun pesta. Kurang lebih sama fungsinya seperti alun-alun. Saat ini padang digunakan seperti lapangan biasa, kamu bisa piknik dan duduk duduk disana. Kecuali ketika ada acara-acara tertentu yaa.

7. Belajar sejarah budaya Asia lewat Asian Civilisation Museum

Wisata Unik Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District! acm.org.sg

Menjelang sore hari, kamu bisa berkunjung ke Asian Civilisation Museum, dimana di museum ini membahas tentang Singapura yang menjadi pintu gerbang perdagangan antara Asia, Arab, dan Eropa. Salah satu highlight museum ini adalah tenggelamnya salah satu kapal dari Arab, yang mengangkut lebih dari 60.000 keramik dari China, di dekat Pulau Belitung sekitar 1100 tahun yang lalu.

Kapal tersebut baru ditemukan pada tahun 1998. Berbeda dengan museum-museum sebelumnya, menjelajahi museum ini sedikit lebih seru karena kesannya kita sedang melihat kisah kisah petualangan.

8. Tutup perjalananmu dengan menikmati senja di Merlion Park

Wisata Unik Jalan Kaki, Menjelajah Singapore Colonial District! Pixabay.com/sasint

Puas berputar dan menjelajah, saatnya kita menikmati sore hari di Merlion Park. Duduk di pinggiran sungai Singapura dengan hembusan angin sepoi sepoi membuat lelah berjalan seharian serasa dibayar lunas. Jangan lupa berfoto dengan ikon nasional Singapura, Merlion, tokoh mitologi berbadan ikan dan berkepala singa. Setelah mengunjungi museum museum tadi, tentunya kamu tahu kan, kenapa merlion bisa menjadi lambang negara Singapura?

Nah itu tadi rute perjalanan yang bisa kamu tempuh untuk menikmati distrik kolonial yang ada di Singapura. Distrik ini kental dengan sejarah dan kebudayaannya karena Sir Thomas Raffles, sebagai pemegang kendali Inggris di Asia Tenggara, menetap di area ini. Setelah dari sini, dijamin kamu gak cuma punya foto foto yang instagram-able tapi kamu juga bakalan punya pengetahuan sejarah yang lebih kaya. Yuk kita jalan-jalan!

Baca Juga: AirAsia Tawarkan 5 Juta Kursi Promo, ke Singapura Cuma Rp150 Ribuan

Anisa Anggi Dinda Photo Community Writer Anisa Anggi Dinda

Kinda find a good way to share some experience here. Enjoy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

sumber : https://www.idntimes.com/travel/destination/anisa-anggi-dinda/review-singapore-colonial-district-exp-c1c2

About direview.id

direvirew.id adalah situs website review terlengkap di Indonesia.